My Hot Videos



Makalah : Lingkungan Bisnis

Sunday, March 17, 2013


LINGKUNGAN BISNIS

PELUANG BISNIS SOFTWARE HOUSE

untuk memenuhi Tugas Akhir Lingkungan Bisnis
pada jenjang Sarjana S1 Jurusan Sistem Informasi

disusun oleh

NAMA       : CATUR APIN SUBEKTI
NIM           : 12.12.6724
KELAS        : 12 – S1 SI – 06

JURUSAN SISTEM INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM YOGYAKARTA
2013
BAB I
ABSTRAK

Di tahun 2013 globalisasi semakin maju, seiring dengan majunya dunia informasi dan komunikasi yang tak lain dapat mengajak para brainware-nya untuk lebih maju juga. Dengan peningkatan penggunaan perangkat keras yang saat ini mulai banyak penggunanya, mendorong persaingan pembuatan “si penjalan” dari perangkat keras, yaitu software. Dalam hal ini berbisnis software dapat menjadi bisnis yang menjanjikan dikarenakan banyak peminat dari segi berbagai perangkat keras yang telah menjamur di Indonesia akhir-akhir ini. Dengan memperhatikan keinginan konsumen, berbisnis software akan sangat menguntungkan dengan modal awal yang ringan.




BAB II
ISI

Bisnis Software House adalah sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software) yang hasil produksinya bisa untuk client tertentu (seperti aplikasi intranet untuk sebuah company), atau bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, apotik, rental mobil, dan lain-lain) yang bisa digunakan oleh banyak client. Bisnis software house ini bisa menjadi campuran di dalam bisnis Konsultan IT. Software house itu sendiri didefinisikan sebagai sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software). Produk yang dihasilkan bisa spesifik untuk client tertentu (seperti aplikasi marketing untuk sebuah perusahaan), atau yang bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, supermarket, warnet, dan lain-lain) yang bisa digunakan oleh banyak client. Akan tetapi di tanah air tercinta ini, Bisnis Software House masih tergolong sulit, dikarenakan masih tingginya tingkat pembajakan software oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan dapat merugikan Pebisnis Software House itu sendiri.
Usaha jasa pembuatan software adalah bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal keuangan. Modal utama adalah keterampilan komputer dan kecerdasan menterjemahkan sistem kerja yang dikehendaki oleh konsumen. Alat utama yang digunakan adalah komputer didukung oleh software yang saat ini sedang berkembang. Bahasa pemrograman tidaklah sulit bagi yang lulusan dari jurusan Teknologi Informasi tetapi orang yang bukan lulusan IT dapat mengembangkan dengan menjadi pemasar produk, penerjemah keinginan konsumen, mediator konsumen dan pembuat (broker).
Kemampuan teknologi harus dapat diimbangi karena akan mempermudah dan memperlancar proses bekerja. Tren bekerja secara manual harus mulai ditinggalkan dan sekarang sudah mau masuk dengan tren komputerisasi. Melihat perubahan tersebut maka haruslah berani memamfaatkan peluang ini dengan membuat bisnis yang berbasis komputer.
Untuk Perkiraan kebutuhan dana awal dalam memulai usaha bisnis software house ini sekitar 25juta yang terdiri dari Komputer Rp 16 juta, Komunikasi Rp 1 juta, Internet Rp 1 juta, Promosi & marketing Rp 2 juta, dan Biaya lain (Rp 5 juta).
Kemudian selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha bisnis software house ini:
1.      Marketing (pemasaran) merupakan kekuatan utama untuk mendapatkan banyak client.
2.      Kepuasan pelanggan (client) berkaitan dengan produk dan layanan yang diberikan oleh software house. Termasuk pula di sini keaktifan pihak customer support dalam mem-follow  up si client pasca penyerahan produk.
3.      Developer team (tim pengembang) yang handal: yakni para programmer yang ada di balik suatu produk/aplikasi. Dari tangan mereka lah, sebuah produk handal dihasilkan.
Selanjutnya untuk kebutuhan perangkat dan SDM :
§  Lokasi/tempat yang akan digunakan untuk tempat kerja, merupakan tempat yang dapat membuat betah/nyaman para pegawai di dalamnya
§  3-4 unit komputer dengan spesifikasi "powerfull" (misal Core i5, RAM 4 GB, VGA Dedicated 1 GB DDR3, HD 500 GB, konfigurasi LAN), 1 unit komputer server yang stabil (misal: untuk kegiatan simulasi atau testing aplikasi), koneksi internet (untuk kondisi sekarang sangat penting memilikinya)
§  Program-program sumber (master installer) yang cukup lengkap untuk instalasi bila sewaktu-waktu diperlukan
§  Sarana komunikasi pendukung: handphone, fixedphone (telkom), fax (optional)
§  Sumber bacaan sebagai referensi : buku, majalah, e-book, journal, surat kabar, dll
§  Team sukses, cobalah membuat konfigurasi SDM seperti ini : 1 orang project leader (sbg marketting & negosiator), 1 Networking & Web application specialist, 1 Graphic & Web designer specialist, 1 Desktop Application specialist, 1 Sales & Customer support.



BAB III
REFERENSI

0 komentar:

 
Do you can do it?? © 2012