My Hot Videos



Arti Tembang Macapat Pucung

Sunday, April 07, 2013

Aturan Tembang Pucung
Tembang Pucung cuma ada 4 baris tiap baitnya.
Baris pertama terdiri dari 12 suku kata dan diakhiri aleh huruf vokal “u” –> 12-u
Baris kedua terdiri dari 6 suku kata dan diakhiri oleh huruf vokal “a” –> 6-a
Baris ketiga terdiri dari 8 suku kata dan diakhiri oleh huruf  vokal “i” –> 8-i
Baris terakhir terdiri dari 12 suku kata dan diakhiri oleh huruf vokal “a” –> 12-a

Contoh Tembang
kalakone kanthi laku,
Lekase lawan khas,
Tegese khas nyantosani,
Setya budya pangekese dur angkara.


Arti Tembang
Tembang ini mempunyai watak sembrana parikena (sembarangan), biasanya dipakai untuk menceritakan hal-hal yang ringan, jenaka atau teka-teki. Adapun  tataran yang lebih luas, isi dari tembang Pucung memberikan penggambaran hubungan yang sangat harmonis dan serasi antara sesama manusia sebagai makhluk Tuhan. Apakah manusia itu mempunyai kedudukan dan status tinggi dalam masyarakat, ataupun manusia itu hanya sebagai hamba sahaya. Tembang ini mengingatkan kepada manusia, terutama kepada para penguasa, para majikan, para juragan, para atasan agar tidak berbuat sewenang-wenang.

Tembang Pucung menggambarkan hubungan antara pemberi perintah dan penerima perintah. Walaupun berada dalam posisi yang lebih tinggi, kaya dan mapan, manusia dihimbau agar tidak silau dan berbuat tidak adil kepada para pelayan, bawahan, hamba sahaya. Karena para bawahan, pembantu mempunyai andil yang sangat besar bagi kesuksesan yang di raih. Hal itu sebagai suatu bukti, bahwa manusia membutuhkan orang lain, manusia memiliki ketergantungan yang sangat tinggi sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.

Tembang ini mengungkapkan tentang nasehat kepada sesama manusia, dalam menjalin hubungan dengan sesama untuk lebih mementingkan rasa rendah hati dan tenggang rasa yang tinggi. Seseorang yang mempunyai status dan kedudukan lebih tinggi, dihimbau  memperlakukan bawahan untuk lebih bersikap manusiawi.

0 komentar:

 
Do you can do it?? © 2012