My Hot Videos



Makalah : Manajemen Perpustakaan Sekolah

Saturday, April 18, 2015

MAKALAH
MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH



BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Pada awalnya perpustakaan muncul dikalangan masyarakat yang berbentuk ruang baca yang berisi buku-buku.Kemudian muncul beberapa istilah dari perpustakaan antara lain:perpustakaan umum,perpustakaan anak-anak,perpustakaan khusus,perpustakaan sekolah,perpustakaan akademik(di perguruan tinggi,perpustakaan perusahaan dan lain sebagainya).Dengan munculnya istilah-istilah tersebut semakin berkembangnya teknologi informasi perpustakaan tersebut di definisikan menjadi perpustakaan tradisional,semi tradisional,elektronik dan digital hingga perpustakaan”virtual”.
Dari waktu ke waktu pengertian perpustakaan pun semakin berkembang.Pada abad ke-19 perpustakaan dapat di definisikan sebagai gedung,ruang ataupun yang terdiri dari beberapa jumlah ruang yang berisi koleksi buku-buku yang pemeliharaannya diatur dengan baiksehingga dapat digunakan oleh masyarakat ataupun golongan masyarakat tertentu.Kemudian ALA(The American Library Association)pengertian perpustakaan sama artinya dengan”pusat media ,pusat belajar,pusat informasi,pusat dokumentasi,pusat sumber pendidikan”.Sedangkan menurut keputusan Presiden RI nomor 11 di sebutkan bahwa “perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan,teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.Jadi perpustakaan sekolah sangat diperlukan dalam dunia pendidikan.

B.Rumusan Masalah

1.Apa pengertian dari perpustakaan sekolah itu?
2.Bagaimana perkembangan perpustakaan dari waktu ke waktu?
3.Bagaimana peranan perpustakaan dalam dunia pendidikan?
4.Apa konsep dasar dari menejemen perpustakaan?
5.Apa yang harus dimiliki oleh pengelola perpustakaan dalam mewujudkan menejemen perpustakaan yang baik?
6.Apa saja faktor-faktor menejemen perpustakaan sekolah?Sebut dan jelaskan.

BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian perpustakaan sekolah:
Perpustakaan yang berada dalam suatu sekolah yang kedudukan dan tanggung jawabnya kepada kepala sekolah,yang melayani sivitas akademka sekolah yang bersangkutan.

Fungsi Perpustakaan Sekolah
Pusat kegiatan belajar mengajar untuk pendidikan seperti    tercantum dalam kurikulum sekolah.
Pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.
Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang(buku-buku hiburan).
Pusat belajar mandiri bagi siswa.

Konsep Dasar Manajemen Perpustakaan
             Manajemen merupakan sebuah proses yang memfokuskan pada kegiatan dari hari ke hari,menghadapi permasalahan isi dan integrasi dengan tujuan-tujuan sekolah.
       Kegiatan manajemen sekolah adalah kehiatan yang mencerminkan adanya sebuah sistem,terkait dan terdiri dari beberapa aspek atau faktor untuk mendukungnya.

Faktor yang ada dalam manajemen perpustakaan:
1.Kebijakan dan prosedur
2.Manajemen koleksi
3.Pendanaan dan Pengadaan
4.Manajemen Fasilitas
5.Sumberdaya Manusia
6.Perencanaan
Hal-hal yang harus dimiliki oleh pengelola perpustakaan:
1. Mengembangkan kemampuan profesional sebagai guru-perpustakaan.
2. Memperhatikan kemampuan dan prosedur yang dibutuhkan.
3. Mengembangkan kebijakan dan prosedur dengan prinsip-prinsip yang mengaktualisasikan visi dari perpustakaan sekolah.
4. Memperlihatkan keterkaitan antara sumber-sumber informasi ,tujuan dan prioritas sekolah,serta program perpustakaan.
5. Menunjukkan peran guru perpustakaan melalui rencana manajemen.

Faktor-faktor Manajemen Perpustakaan Sekolah
Prosedur dan KebijaKan
PROSEDUR merupakan “CARA”atau “BAGAIMANA” kegiatan dan aksi-  aksi akan dapat mengimplementasikan sebuah rencana spesifikatau menjalankan sebuah kebijakan.
KEBIJAKAN mengarah pada “MENGAPA” atau ”APA” prinsip-prinsip dari organisasi (sekolah/ perpustakaan).

Hal yang perlu dilakukan guru perpustakaan dan pengelola:
o Melihat kembali sumber-sumber yang dimiliki dan mendefinisikan sesuai kebutuhan dan perkembangan.
o Melihat,memperhatikan dan memperbaharui prosedur-prosedur lokalsirkulasi,pemesanan pustaka.
o Membuat sebuah pernyataan visi dari perpustakaan sekolah yang sesuai dengan kebijakan yang ada.
o Memperhatikan kebijakan-kebijakan baru dari sekolah mengenai perpustakaan sekolah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam rencana pendanaan:
Pertimbangkan biaya untuk pengiriman,pajak,dll.
Usahakan pengadaan pustaka 30%fiksi dan 70% nonfiksi(disesuaikan   dengan kebutuhan anak-anak).
Harus berkesinambungan dari tahun ke tahun.
Disesuaikan dengan kebijakan yang ada.
Masukan pendanaan untuk buku atau koleksi yang hilang atau rusak.
Setiap pengeluaran harus tercatat dengan baik untuk keperluan akuntabilitas.
Dokumen pendanaan sangat membantu dalam merancang pengeluaran operasional perpustakaan.
Proses seleksi bahan pustaka harus memperhatikan rencana pendanaan yang ada.
Membuat diagram alur pendanaan yang menggambarkan semua proses selama 1 tahun.
Membuat sebuah keterangan yang menunjukkan implikasi rencana pendanaan dengan tujuan kurikulum dan program sekolah

Fasilitas
3 Hal penting yang haru diperhtikan dalam pengelolaan fasilitas:
Nyaman(Comfort)
Terbuka(Welcome)
Kemudahan bagi pengguna(User-friendly)

Prinsip yang Harus dipenuhi untuk merancang sebuah fasilitas:
Tata letak harus dapat menunjukan bahwa perpustakaan dapat difungsikan dengan baik.
Desain harus memperhatikan aspek estetika dan ergonomis.
Akses ke bahan pustaka ruang,dan informasi harus mudah bagi semua pengguna.
Harus diperhatikan masalah arus lalu-lintas pengguna,keselamatan dan keamanan.
Ruangan sedapat mungkin mengakomodir kebutuhan pengguna,,keperluan penyimpanan dan pengolahan.



Manajemen SDM
SDM atau staf pengelola perpustakaan merupakan kunci utama dalam kesuksesan sebuah perpustakaan.

Beberapa SDM dalam perpustakaan sekolah:
Guru pustakawan (Bertanggungjawab secara penuh terhadap perpustakaan).
Staf pendukung(staf yang mempunyai kemampuan teknis dalam bidang perpustakaan).
Staf Divisi(staf yang mempunyai kemampuan kusus dalam pengelolaan perpustakaan).
Murid Pustakawan(sebagai pengelola perpustakaan).

Perencanaan
Perencanaan akan menentukan sejauh mana perpustakaan sekolah dapat berjalan dengan baik dan mendukung proses pembelajaran yang inovatif di sekolah.


BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan

Banyak faktor yang mempengaruhi suksesnya manajemen perpustakaan sekolah.Akan tetapi hal yang paling penting adalah sejauh mana pengelola perpustakaan dapat menjalankan program-program perpustakaan dengan visi dan misi sekolah tersebut,serta kebutuhan kurikulum yang telah diterapkan.Proses manajemen perpustakaan adalah sebuah proses kreatif dan inovatif yang seharusnya menjadi bagian yang penting dalam proses belajar mengajar disekolah.
Jadi,perpustakaan sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan.

B.Saran

a.Pengelolaan perpustakaan sekolah harus ditingkatkan guna menjaga dan merawat koleksi buku-buku.
b.Memperluas tempat untuk membaca dan mengutamakan kenyamana dan kebersihan perpustakaan.


BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

Anonim.2006.School Library Managemen.Canada:Saskatchewan   schools.http:/www.saskschools.ca/curr content/teachlib/management/manmain.htm
Sulistyo,Basuki.1993.Pengantar Ilmu Perpustakaan.Jakarta:Universitas Terbuka.

0 komentar:

 
Do you can do it?? © 2012