My Hot Videos



Artikel Kertas oleh Ahmad Rif'an Khairul Lisan

Tuesday, November 13, 2012

Kertas, Salah Satu Penyebab Global Warming

Hampir semua orang di dunia ini sering dibuat terhenyak ketika mendengar kata “Global Warming” atau “Pemanasan Global”. Mereka yang mempunyai akal fikiran dan juga pengetahuan pastinya akan merasa takut bilamana global warming semakin meningkat, di dalam bayangan mereka pasti tergambar sesuatu yang sangat menakutkan, sepeti kedua kutub mencair, banjir besar, kebakaran hutan, cuaca ekstrem, kepunahan spesies dan bahkan yang mengerikan adalah kepunahan spesies Homo sapiens, yaitu kita, orang tua kita, kerabat kita, guru-guru kita, dan seluruh manusia.
Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT telah memperingatkan akan hal ini melalui firmannya dalam QS. Ar-Ruum : 41.

Yang artinya : “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar”.
Jika ditinjau dari ayat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa manusia adalah makhluk bodoh nan tolol (kecuali mereka yang peduli lingkungan). Betapa tidak, manusia menghancurkan sumber penghidupan mereka, yaitu alam. Menghancurkan sumber penghidupan berarti bunuh diri dan bunuh diri tidak akan dilakukan, kecuali oleh orang bodoh dan tolol.
Mungkin kita tidak menyadari atau tidak mau sadar bahwa perilaku kita sehari-hari dapat merusak lingkungan sekitar. Kita dapat mengambil contoh yang paling sederhana, “kertas”.
Sebagian dari kita tahu, bahwa kertas dibuat dari tumbuhan. Sebelum tumbuhan diolah menjadi kertas, tumbuhan harus ditebang, dalam skala pabrik, tentunya menebang pohon tidak menggunakan parang, tetapi menggunakan mesin potong. Mesin potong adalah penyumbang perusak pertama, yaitu dengan melepas Co2 ke udara. Setelah dipotong, kayu diangkut ke pabrik dan itu menyebabkan polusi ke udara dengan melepas Co2, bisa dibilang polusi kedua. Setelah sampai pabrik, kayu harus diolah sedemikian rupa untuk menjadi kertas. Tentunya dalam hal ini akan melepas Co2 ke udara dan dapat kita anggap polusi udara ketiga. Setelah dibuat di pabrik, kertas harus ditransport ke berbagai daerah, dan lagi-lagi melepaskan Co2 ke udara dalam proses mengangkutnya, dapat kita anggap polusi keempat. Setelah pemakaian kertas, kertas yang tidak berguna akan kita buang dan kita bakar. Hal itu akan melepaskan Co2 ke udara, dapat kita anggap polusi kelima.
Di atas sudah diuraikan 5 sumber polusi yag disebabkan oleh secarik kertas yang digunakan oleh 1 orang. Kita dapat membayangkan, jika di planet ini ada 6 milyar orang yang menggunakan kertas setiap hari, berapa juta ton Co2 yang dilepas ke udara yang terkait dengan kertas dan berapa juta pohon yang harus ditebang.
Kita sudah tahu, bahwa penyebab global warming adalah banyaknya gas Co2 di udara. Dan satu-satuya penyerap Co2 adalah pohon.
Dari uraian di atas dalam satu kali pembuatan kertas akan menghasilkan Co2 dan mengurangi pohon yang ada. Hal ini berarti gas Co2 di udara meningkat dan menyebabkan meningkatnya global warming.
Semua di atas hanyalah satu uraian penyebab global warming dari sekian banyak penyebab global warming. Dapatlah kita membayangkan bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh kertas dan hal-hal lain yang mengakibatkan global warming dan kerusakan lingkungan.
Seyogyanyalah kita dapat melihat uraian di atas sebatas pemacu semangat kita untuk merawat dan melestarikan lingkungan kita. Kita kurang penggunaan kertas secara berlebihan, kita tanam sebanyak mungkin pohon. Jadikan diri Anda sahabat alam yang mampu menyayangi alam.
Kita adalah bagian dari alam. Jika kita merusaknya maka alam akan merusak kita dengan cara lebih dahsyat.

0 komentar:

 
Do you can do it?? © 2012