My Hot Videos



Biografi : Dewi Sartika

Saturday, March 16, 2013


Dewi Sartika lahir pada tanggal 4 Desember 1884. Ia putri pertama dan anak kedua dari Raden Rangga Somanagara, Patih Bandung. Ibunya adalah R.A. Raja Permas, Putri Bupati Bandung. R.A.A.A, Wiranatakusumah IV yang terkenal dengan sebutan Dalem Bintang.
Gedung Kepatihan, yang terletak di Jalan Kepatihan (sekarang Kantor Perkebunan PNP XIII) di tengah-tengah Kota Bandung, di sinilah Dewi Sartika dibesarkan bersama saudara-saudaranya, r. Somamur, R. Jumus, dan R. Sari Pamerat, dalam lingkungan kehidupan keluarga yang harmonis. Sebagai putra diantara lima orang saudara, Dewi Sartika tidak pernah kesunyian, hari-harinya penuh dengan kesibukan dan permainan di tengah-tengah kehidupan orang tuanya yang menduduki jabatan tinggi dalam pemerintah Kabupaten Bandung.
Penderitaan ibunya yang ditinggal ayahnya karena dihukum, memperkuat keinginan Dewi Sartika untuk mendirikan sekolah yang bernama “Sekolah Istri” yang muridnya berasal dari keluarga biasa. Adanya keinginan Dewi Sartika ditentang oleh Bupati Martanegara dengan alasan akan mendapat tentangan dari seluruh masyarakat. Dewi Sartika tidak pantang menyerah dan terus memperjuangkan keinginannya. Namun akhirnya diijinkan dan mendapat dukungan dari pemerintah.
Dengan adanya “Sekolah Kautamaan Istri” maka diharapkan gadis-gadis lulusan sekolah tersebut bisa berdiri sendiri, tidak tergantung pada ayah atau suaminya.
Berbagai cara Dewi Sartika memperkenalkan sekolah yang dipimpinnya, baik kepada masyarakat luas maupun kepada pihak pemerintah. Dari pihak pemerintah, hasil dari usaha tersebut berbentuk subsidi dan tenaga guru, disamping perhatian berupa kunjungan-kunjungan para pembesar. Sekolah Kautamaan Istri dijadikan semacam “show piec” (=model) dari jenisnya.

0 komentar:

 
Do you can do it?? © 2012